BlogKu

Hanya Catatan Sederhana Dari Ku

Langkah Instalasi Webmin Linux Centos

webmin-linuxLinux dikenal susah dalam hal konfigurasinya, namun sulitnya konfigurasi linux ini menjadi tantangan bagi para developer untuk membuat aplikasi yang dapat melakukan konfigurasi linux menjadi mudah dan berbasis GUI tentunya “Di asusmsikan tutorial ini diterapkan oleh pengguna yang sudah cukup mengetahui dasar – dasar linux centos”.

Berikut langkah – langkah instalasinya :  “catatan pastikan pengguna telah pada posisi user sebagai root“.

  1. Buka terminal / console lalu ketik  “wget http://prdownloads.sourceforge.net/webadmin/webmin-1.580-1.noarch.rpm”,       setelah itu tunggu sampai proses download paket rpm selesai. wget-webmin
  2. Jika sudah selesai men-download ketik “rpm -Uvh webmin-1.580-1.noarch.rpm” maka tunggu sampai proses instalasi selesai.
  3. Pastikan bahwa system-service telah menjalankan aplikasi webmin, untuk mengetahuinya ketik “setup” maka akan muncul form “text mode setup utility” dengan background berwarna biru.
  4. Buka menu System service tekan enter, cari service bernama webmin lalu centang service tersebut lalu tekan menu OK.
  5. Coba jalankan browser lalu ketik “http://ip-anda:10000″ , jika ternyata tidak bisa di buka coba buka console dengan user root ketik ” iptables -I INPUT -p tcp –dport 10000 -j ACCEPT” lalu ketik “service iptables save” setelah itu ketik “service iptables restart”.
  6. Buka kembali browser lalu ketik “http://ip-anda:10000”.

Leave a comment