BlogKu

Hanya Catatan Sederhana Dari Ku

Setup interface lancard (kartu jaringan) centos 6

Untuk membangun hubungan antar komputer adalah adanya suatu interface lancard (kartu jaringan),  interface ini berguna untuk menghubungan komputer 1 dengan yang lainnya melalui protokol TCP/IP.

Tulisan diatas merupakan sedikit tentang konsep jaringan antar komputer, berikut adalah bagaimana cara untuk konfigurasi lancard (kartu jaringan) pada sistem operasi centos 6, “bagi yang menggunakan centos versi sebelumnya atau fedora dan redhat hanya dapat menyesuaikan karena tidak jauh berbeda”.

Buka terminal atau console centos

open-console

Untuk melihat apakah lancard (kartu jaringan) sudah berfungsi dengan baik yaitu ketik “ifconfig” pada terminal lalu catat mac interface yang akan hendak di konfigurasi.

ifcfg-eth0

Masuk ke folder network-script yaitu dengan cara ketik cd “/etc/sysconfig/network-script”.  Setelah itu ketik “ls” untuk memeriksa apakah ada ifcfg-eth0 ada atau tidak. Biasanya file ifcfg-eth0 ada jika pada saat proses instalasi sebelumnya telah dilakukan konfigurasi. Namun pada kasus ini lancard (kartu jaringan) tidak di set pada saat proses instalasi, sehingga file akan dibuat secara manual. Untuk membuat file ifcfg-eth0 ketik “nano ifcfg-eth0” pada terminal atau console “di asumsikan bahwa aplikasi text editor nano sudah di install, jika belum gunakan vi atau vim!”

nano_ifcfg_eth0

Jika sudah simpan file tersebut , tekan “CTRL – x” lalu tekan “y”  pada keyboard. ketik “service network restart”. Setelah itu coba ping ke ip address interface eth0 yaitu “192.168.0.10”. Jika berhasil maka akan muncul reply, namun jika tidak cobalah untuk memeriksa kembali konfigurasi dengan cara diatas.

Leave a comment